Kesulitan pertama
mahasiswa akhir adalah saat pengajuan judul dan secara pintas mengadopsi dari
hasil skripsi orang lain tanpa memahami latar belakang masalah penelitian.
sehingga kendala nampak saat pada proses penentuan analisa datanya.
seorang peneliti
merasakan adanya"sesuatu yang tidak beres", (dalam arti tidak atau
belum sesuai dengan kondisi yang seharusnya), artinya seorang peneliti harus
memiliki keingintahuan yang tinggi dan keinginan untuk memperbaiki keadaan.
Contoh : "Selama
saya kuliah, belum pernah saya temui seorang mahasiswa pun berjalan sambil
membaca buku di kampus karena saking gemarnya membaca, misalnya.ini juga
menguatkan survei UNESCO bahwa pringkat membacaIndonesia, berada di bawah
negara-negara tetangga kita seperti Malaysia bahkanVietnam. Mungkin juga beralasan
bahwa lesunya membaca ini adalah pemicu sepinya diskusi-diskusi kecil atau
publik di kampus. Padahal, menurut mahasiswa yang sudah alumni, kegiatan
diskusi adalah kegiatan yang biasa ditemui di setiap sudut kampus ini dulu.
(kutipan dariradarbanten.com)
Mengacu pada
masalah yang dapat dilihat dari suatu kasus bisa diambil rumusan masalah yang
diungkapkan dalam kalimat tanya :
1.
Apakah benar bahwa
mahasiswa kita kurang minat membaca?
2.
Apakah benar lesunya minat membaca berakibat lesunya
forum diskusi di kampus?
3.
Apakah benar dengan lesunya membaca dan diskusi ini
mengakibatkan kurang ada gairah dalam penelitian dan menulis dikalangan
mahasiswa?
Dari pertanyaan diatas
peneliti harus bisa menentukan apa variabel penelitian atau yang menjadi objek
penelitian yang merupakan inti dari masalah penelitiannya. dengan kata lain
untuk menyusun masalah penelitian peneliti harus mengetahui terlebih dahulu apa
variabelnya. ketiga pertanyaan diatas diajabarkan berdasarkan tiga gejala yang
penliti baca di media berdasarkan pengamatan sendiri.
Hal lain yang bisa diamati
dari " Hal yang tidak beres", dapat dilihat dari hal yang positif
dari kegiatan mahasiswa dengan adanya kegiatan mentoring yang diselenggarakan
oleh "lembaga dakwah kampus' terutama dikampus umum yang marak
dibandingkan dengan kampus berbasis agama. sehingga anda rumuskan juga dalam
kalimat pertanyaan :
1.
Kegiatan positif apa saja yang dilakukan mahasiswa
melalui kelompok mentoring tersebut?
2.
Motif-motif apakah yang mendorong para mahasiswa untuk
mengadakan kelompok mentoring tersebut?
3.
Apakah ada kaintan
yang erat antara mentoring dengan kegiatan salah satu partai sebagai sel
kaderisasi?
Untuk menjawab semua pertanyaan dari asumsi dasar yang diajukan peneliti
dapat mengajukan pertanyaan "Manakah kira-kira yang paling baik, mulai
dengan mendaftar sebanyak mungkin pertanyaan atau langsung menentukan sejumlah
pertanyaan?"
Asumsinya sebagian
orang dengan cepat memperoleh pertanyaan penelitian karena sensitif terhadap
lingkungan dan dapat merasakan adanya permasalahan disekelilingnya sehingga
ingin memecahkan permasalahan tersebut melalui kegiatan penelitian. sebaliknya
sebagian orang sukar menemukan permaslahan yang akan diteliti sehingga apabla
seorang mahasiswa, setelah lama menyelesiakan teori, tidak habis-habis berada
dalam "masa berpikir mencari judul "untuk
skripsinya.
Intinya modal
utama mahasiswa dalam menentukan judul harus menguasai permasalahan lalu lanjut
pada pemahaman terhadap literatur yang relevan dengan judul penelitiannya.
dalam keadaan mantap peneliti harus juga meninjau kembali rumusan pertanyaan
yang diajukan dan sambungkan dengan bahan pustaka, sebaliknya jika dalam
mengkaji bahan pustaka untuk teori tidak memperoleh dukungan maka lebih baik
mengurungkan niatnya untuk walaupun judul dirasakan sudah sesuai dengan
keinginan peneliti.
Secara garis besar, proses penelitian pada umunya melalui langkah-angkah
sebagai berikut ;
1.
Mencari
permasalahan yang pantas untuk diteliti.
2.
Menelaah buku-buku
untuk mencari dukungan teori dengan cara membaca buku teori maupun laporan
hasil penelitian dari hasil telaah ini peneliti menentukan langkah untuk terus
atau harus menghentikan penelitiannya.
3.
Meninjau kembali
rumusan serta memantapkan problematika tersebut dan dilanjutkan dengan
merumuskan tujuan dan hipotesis penelitian.
4.
Menyusun instrumen
pengumpul data.
5.
Melaksanakan
penelitian
6.
Melakukan tabulasi
pengolahan data
7.
Mengambil
kesimpulan
8.
Menyusun laporan
penelitian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar